AROMA KHAS

Kebersihan lingkungan itu bukan hanya membuang sampah pada tempatnya saja tetapi kita harus bisa menjaga kebersihan tempa-tempat yang utama bagi kita salah satunya adalah kamar mandi atau WC.

WC. Bisa djadikan ukuran ketertiban dan kebersihan lingkungan di sekitarnya artinya kalau WC itu bersih maka sudah barang tentu tempat-tempat lain pun akan tertata pula dengan baik dan bersih. Bagaimana dengan WC dan kamar mandi di rumah anda? Sudahkah menjaganya/memeliharanya dengan baik??? Jawablah dengan jujur bahwa WC di rumahmu hanya kamu sendiri tentunya yang tahu tapi kalau untuk urusan WC sekolah semua warga sekolah yang bersangkutan akan tahu pula keberadaan tempat nan penuh rahasiah itu.

Pernahkan anda menggunakan WC sekolahmu? Bagaimana perasaanmu? Ala ... ma ... kakus eh WC sekolahku begitu khas aromanya kadang kita enggan menggunakan kalau tidak terpaksa. Itu pun kita harus bisa mengatur napas dengan baik agar aroma khas itu tidak terlalu banyak ganggu pernapasan, malah kalau bisa mah jangan bernapas saja sekalian (mati kali). Seandainya di sekolah ada WC. Yang bersih tapi harus bayar, rasanya aku lebih baik memilih yang bayar saja biarkan jatah untuk jajan gehu dialihkan penggunaannya.

Setiap kali saya melewati ke WC sekolah, ya ampun bau tujuh puluh dua begitu menyengat, benar kata orang bahwa ketidaknyamanan WC ini adalah simbol dari ketidak disiplinan warganya. Seandainya Guru, Penjaga, Siswa mempunyai kesadaran tinggi untuk kebersihan tempat yang satu ini tentu saja lalakonnya akan lain. Bau itu bisa saja menjadi sumber yang dapat menimbulkan penyakit, dan bisa dibayangkan seandainya ada orang yang sakit melewati WC itu pasti sakitnya semaki parah.

Sampai saat ini saya sadar kalau tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik di sekolah karena beranggapan sudah ada petugasnya, bahkan saya juga kadang-kadang membuang sampah ditempat yang sembarangan. Lebih parah lagi kebiasaan jelek itu dilakukan pula oleh temen-teman yang lain. Akh ... begitu rendahnya kesadaran diri ini. Ya Allah maafkanlah kami. Maafkan aku para petugas bukannya kami meringankan bebanmu malah semakin memperberat pekerjaan dan tanggung jawabmu, sekali lagi kami minta maaf. Mari kita berdoa saja memohon pertolongan kepada Allah SWT. agar menumbuhkan kesadaran kita semua demi melaksanakan kewajiban yang merupakan sebagian dari iman itu. Amin

Mulai saat ini, mulai dari diri masing-masing, jaga kebersihan lingkungan tersebut karena bukan tugas petugas kebersihan saja melainkan tugas kita semua untuk memeliharanya. sampai akhirnya tercipta lingkungan bersih, sehat dan asri. Semoga. (Riani IX-A)

Category: 0 komentar

0 komentar: